12 Pengobatan Alami untuk Batuk dan Demam Pada Bayi

12 Pengobatan Alami untuk Batuk dan Demam Pada Bayi

15ons – Bayi yang diserang batuk dan demam seringkali membuat cemas para orang tua. Pada akhirnya, banyak yang memilih obat-obatan farmasi untuk menangani penyakit bayinya. Namun lebih baik diberikan cara pengobatan alami karena tubuh bayi masih sangat lemah.

12 PENGOBATAN ALAMI UNTUK BATUK DAN DEMAM PADA BAYI

12 Pengobatan Alami untuk Batuk dan Demam Pada Bayi

BATUK

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara pengobatan alami yang dapat menyembuhkan batuk dan demam si kecil.

  • Bawa Jalan-Jalan Menghirup Udara Segar

Batuk yang biasa terjadi pada bayi biasanya batuk kering dan terkadang suaranya akan terdengar seperti anjing laut. Biasanya jenis batuk ini disebabkan karena infeksi pada saluran pernafasan bayi dibagian atas (trakea dan laring). Peradangan ini terjadi karena virus yang menyebabkan saluran pernafasan bayi menjadi merah dan membengkak. Salah satu cara termudah untuk meringankan gejala batuk ini adalah membawa si kecil jalan-jalan keluar untuk menghirup udara segara. Udara yang segar dan sejuk bisa membantu meredakan pembengkakan pada saluran pernafasan yang dapat mengurangi batuk. Gendonglah bayi dalam posisi tegak atau dengan diajak berkeliling menggunakan kereta dorong.

  • Udara Ruangan yang Lembab

Udara yang lembab dan berembun bdi kamar dapat membantu melapangkan saluran pernafasan pada bayi yang bisa mengurangi gejala batuk. Terdapat beberapa alternatif cara melembabkan suhu udara ruangan, diantaranya:

  1. Menggunakan alat pelembab (Air Humidifier). Harga dari alat ini sangat bervariasi, mulai dari raturan ribu rupiah hingga jutaan. Tentunya perbandingan harga ini sangat menentukan kualitas serta kemampuan alat untuk melembabkan ruangan yang kecil maupun besar.
  2. Basahi gordyn ruangan menggunakan air. Untuk melakukannya gunakanlah botol penyemprot. Setelah kain gordyn basah, bukalah jendela agar udara hangat dari luar masuk ke dalam ruangan. Ini dapat membuat ruangan menjadi lebih lembab.
  3. Apabila anda memiliki instalasi air panas di kamar mandi, maka penuhi air panas di bak mandi. Kemudian buka pintu kamar mandi sampai uap panas masuk kedalam ruangan tidur anda. Lalu tutup pintu kamar tidur dan biarkan kondisi ini selama kurang lebih 5 menit dalam keadaan air panas tetap menyala mengisi bak mandi. Setelah itu, baru buka pintu kamar lagi agar sirkulasi udara kembali normal.
  4. Aquarium yang terbuka pada bagian atasnya juga dapat membantu melembabkan udara ruangan.

*Berdiamlah di ruangan yang sudah dilembabkan sambil memangku bayi anda selama proses tersebut.

  • Aromaterapi

Rebus air sampai mendidih dengan panci besar yang tertutup. Setelah mendidih, letakkan panci tersebut di pojok ruangan tempat tidur bayi (Pastikan dulu peletakannya aman dan tidak membahayakan penghuni rumah), kemudian tutup panci dibuka. Bubuhkan minyak lemon, minyak kayu putih ataupun minyak pohon teh untuk melegakan saluran pernafasan.

  • Posisi Bayi Harus Tegak

Selalu menggendong bayi anda dalam posisi tegak. Hal ini dapat membantu anda meringankan gejala batuknya. Begitu juga saat sedang menyusui dan tidur, tempelkan si kecil di tubuh anda, sehingga saat tidur dan posisi menyusuinya tidak rebah, namun agak tegak.

  • Banyak Memberikan Cairan ASI

Sering-sering memberikan ASI kepada bayi yang sedang batuk, dapat melembabkan saluran pernafasannya. ASI juga memberikan antibodi kepada si kecil.

BACA JUGA: Tips Merawat Bayi Usia 1-3 Bulan

DEMAM

Hal pertama adalah mengetahui dulu gejala panas tinggi pada bayi yang membutuhkan bantuan medis. Apabila kondisi demamnya tidak parah, maka berikut ini terdapat beberapa cara alami untuk mengatasinya.

  • ASI

Perbanyak asupan ASI untuk bayi. Anda tidak mau bukan kalau ia kekurangan cairan tubuh. Maka perbanyaklah dengan menyusui.

  • Mandi Air Hangat

Memandikan bayi menggunakan air hangat kuku (sedang), tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

  • Kontak Kulit

Sering-seringlah melakukan kontak kulit pada bayi anda, karena ini banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya meningkatkan kedekatan si bayi dengan moms secara kasat mata. Tetapi juga meningkatkan kenyamanan pada si kecil.

  • Aromaterapi

Teteskan minyak mint ataupun minyak lavender pada air yang baru mendidih. Letakkan dalam ruangan tidur si kecil. Kedua jenis minyak ini bisa membantu si kecil meringankan gejala demamnya.

  • Dinginkan Kakinya

Caranya dapat kalian lakukan dengan memakaikan kaos kaki yang basah pada bayi. Jika sudah kering, maka basahi lagi kaos kakinya sampai demamnya menurun.

  • Air Cuka

Tuang air cuka di spons mandinya, kemudian lap seluruh bagian tubuh si kecil. Atau anda juga bisa menggunakan air cuka untuk membasahi kaos kaki bayi seperti cara diatas sebelumnya.

  • Bawang

Potong bawang bombay atau bawang biasa dengan potongan yang besar, lalu masukkan kedalam kaos kaki dan pakaikan pada si bayi. Saat bawangnya sudah melayu, biasanya suhu tubuh si kecil juga akan menurun.

Semoga ke-12 pengobatan alami diatas ini dapat membantu anda meredakan batuk dan demam si kecil ya moms!