5 Cara Hilangkan Nyeri Saat Pertama Kali Menyusui

5 Cara Hilangkan Nyeri Saat Pertama Kali Menyusui

5 Cara Hilangkan Nyeri Saat Pertama Kali Menyusui – Menyusui sudah menjadi hal alami yang dilakukan oleh banyak ibu setelah melahirkan. Apalagi untuk ibu yang masih belum berpengalaman sama sekali pasti akan memberikan tantangan tersendiri bagi mereka. Karena menyusui adalah salah satu cara membangun jalinan dengan si bayi. Namun ada hal yang paling sering dikeluhkan oleh banyak ibu saat menyusui yaitu rasa nyeri atau sakit.

Menurut lansiran dari NewParent.com, terdapat beberapa cara menghilangkan rasa sakit dalam menyusui. Berikut ini adalah sekian hal yang perlu dilakukan oleh para ibu baru agar menyusui tidak menjadi pengalaman menyakitkan.

5 CARA HILANGKAN NYERI SAAT PERTAMA KALI MENYUSUI

5 Cara Hilangkan Nyeri Saat Pertama Kali Menyusui

  • Pijatan dibagian area payudara

Dalam minggu pertama menyusui, puting payudara akan mengalami perubahan ukuran dan bentuk sehingga menimbulkan rasa nyeri. Puting payudara yang pecah ini merupakan bentuk penyesuaian diri agar dapat menyusui. Pijatlah perlahan-lahan dengan krim hydrogel atau minyak lanolin sampai memberikan kenyamanan.

  • Belajarlah cara menyusui dengan benar

Dalam menyusui juga terdapat teknik dimana posisi-posisi air susu tidak akan keluar dengan maksimal jika posisinya tidak benar. Janganlah ragu untuk meminta bantuan orangtua atau yang sudah ahli dalam membantumu menentukan posisi yang tepat dan nyaman saat menyusui.

  • Sering-seringlah menyusui

Pengalaman perih disaat menyusui lebih baik tidak membuat si ibu kapok dan tidak mau menyusui lagi. Justru kebalikannya, sebaiknya para ibu lebih sering menyusui agar mengurangi sakit dan terbiasa dengan menyusui. Karena payudara akan semakin sakit apabila ASI di dalam payudara tidak disusukan.

  • Mengkompres Payudara

Untuk mengurangi rasa perih dan nyeri walaupun tidak sedang menyusui. Kompreslah menggunakan air dingin dan hangat secara bergantian. Mandi air hangat saat sebelum menyusui juga dapat dilakukan untuk menurunkan stress dan membuat payudara lebih empuk dan tender.

  • Periksa ke dokter

Apabila rasa sakit tidak kunjung pulih bahkan terasa sangat menyakitkan sampai membuat si ibu tidak sanggup menyusui, lebih baik periksa dan konsultasikan ke dokter. Hati-hatilah jika ada infeksi yang tidak diketahui, seperti adanya mastitis atau infeksi jaringan payudara.

Pada umumnya, payudara ibu akan banyak berubah dan merasakan rasa sakit saat menyusui di minggu pertama itu bukanlah hal yang baru. Semoga ke-5 cara di atas bisa membantu meringankan rasa sakit saat menyusui.