5 Tips Menjaga Kulit Berjerawat Saat Musim Panas

Tips Menjaga Kulit Berjerawat Saat Musim Panas

5 Tips Menjaga Kulit Berjerawat Saat Musim Panas РMusim panas adalah bencana bagi anda yang kulitnya berjerawat, mengapa? Cuaca yang panas bisa membuat kulit lebih berminyak, memunculkan komedo dan meningkatkan kemunculan jerawat.

Jangan khawatir, menurut lansiran dari verywellhealth.com. Berikut dibawah ini adalah beberapa perubahan langkah perawatan kulit berjerawat yang dapat anda lakukan saat musim panas datang. Yuk mari disimak baik-baik.

5 TIPS MENJAGA KULIT BERJERAWAT SAAT MUSIM PANAS

5 Tips Menjaga Kulit Berjerawat Saat Musim Panas

  1. Gunakan Pembersih Muka yang Ada Busanya
    Panas dan kelembapan bisa membuat kelenjar minyak bekerja dengan sangat keras. Anda tidak akan dapat menghentikan kelenjar minyak ini untuk memproduksi minyak terus menerus. Namun ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kelebihan minyak.
    Langkah paling mendasar yang dilakukan adalah membersihkan wajah menggunakan produk pembersih muka berbusa 2 kali dalam 1 hari. Apabila jenis kulit anda sangat berkeringat dan berminyak, tambahkan pembersih ke-3.
    Namun perlu diingat jangan terlalu sering mencuci muka. Terlalu sering mencuci muka bisa memecahkan penghalang pelindung kulit, menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan. Pada akhirnya justru memperburuk keadaan kulit berjerawat.
  2. Menggunakan Astringent
    Selama berhari-hari kepanasan, anda bisa menambahkan kandungan Astringent ke dalam rutinitas perawatan kulit. Astringent merupakan cara paling bagus untuk menghilangkan minyak berlebihan dari permukaan kulit yang membuat kulit terlihat kusam.
    Anda dapat memilih witch hazel dan dimasukkan ke dalam sebuah botol agar bisa dibawah kemana-mana. Kapapun kulit anda terasa berminyak, semprotkan wajah anda untuk memberikan rasa sensasi lebih segar.
  3. Memilih Produk Pelembap yang Ringan
    Saat musim panas, sebaiknya memilih produk yang teksturnya ringan, seperti pelembap. Kemungkinan anda tidak akan membutuhkan produk pelembap berat saat musim panas. Pilihlah produk yang tidak ber-identitasogenik dan bebas minyak. Sudah pernah mencobanya?
  4. Penggunaan Tabir Surya dengan Rutin
    Memang banyak sekali obat jerawat yang membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Sehingga penggunaan tabir surya yang rutin merupakan keharusan dan jangan dulu melakukan tanning. Karena dapat merusak kulit karena sinar matahari, penuaan dini dan resiko peningkatan terkena kanker kulit.
  5. Setelah berkeringat segeralah Mandi
    Keringat bisa membuat jerawat iritasi, jadi anda harus segera mandi setelah berolahraga ataupun kapanpun setelah berkeringat. Gunakanlah produk pembersih tubuh yang bisa melawan jerawat, seperti benzoyl peroxide dan asam salisilat yang baik untuk mengatasi radang kulit berjerawat.

Demikianlah ke-5 tips dalam menjaga kulit yang berjerawat di musim panas.

 

Baca Artikel Lainnya: Cara Ampuh Mengatasi Ketombe Dengan 3 Ramuan Lemon Ini