Hari Jomblo Sedunia Jatuh Pada 11 November, Anda Ikut Merayakan?

Hari Jomblo Sedunia Jatuh Pada 11 November, Anda Ikut Merayakan?

15ons.com – Ternyata isu menjadi jomblo tidak hanya membuat para jomblo di Indonesia menjadi galau. Di negara lain misalnya China, ternyata menjadi jomblo tidak harus ditangisi atau disesali. Bahkan para jomblo di China melakukan perayaan status mereka yang masih sendiri. Seperti pada tanggal 11 November, dirayakan sebagai harinya para jomblo.

Apabila Valentine boleh dirayakan oleh mereka yang sudah memiliki pasangan, berarti para jomblo dapat merayakan statusnya yang masih sendiri. Para jomblo, single, friendzone, HTS, ataupun yang belum menikah ntah apapun sebutannya, selama masih sendiri, dapat merayakan “Singles Day” atau yang biasa disebut Guanggun Jie. Menurut lansiran dari laman YourTango.com, inilah beberapa fakta mengenai Singles’ Day di China:

HARI JOMBLO SEDUNIA JATUH PADA 11 NOVEMBER, ANDA IKUT MERAYAKAN?

Hari Jomblo Sedunia Jatuh Pada 11 November, Anda Ikut Merayakan?

  • Dimulai Pada Tahun 1990

Pada satu waktu di tahun 1990, mahasiswa dari Universitas Nanjing melaksanakan aksi protes untuk hari perayaan Valentine. Mereka yang juga masih single ingin satu hari dimana untuk merayakan status mereka. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang masih single atau jomblo ini sering kali dipandang sebelah mata.

Oleh karena itulah, dengan ramainya dunia internet membuat para single atau jomblo sudah tidak malu lagi dengan statusnya. Maka muncullah perayaan Singles’ Day yang bisa dinikmati oleh para jomblo-jomblo di China.

  • Ada 180 Juta Jomblo di China

Kemunculan hari jomblo ini membuat para jomblo malu dengan statusnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang lebih dari 180 juta orang yang masih jomblo di China. Mereka berdatangan dari beragam status, banyak dari mereka yang sudah lulus sarjana dan masih harus berjuang mencari pasangan yang paling tepat untuk menikah nantinya.

  • Mengapa Dirayakan Pada Tanggal 11 November

Ada alasan kenapa Singles’ Day jatuh pada tanggal 11 November atau 11/11/ Karena perpaduan angka satu di semua bagian menggambarkan status mereka yang masih jomblo atau sendiri. Satu yang artinya sendiri.

  • Tingkat Belanja Meningkat Tajam di Hari Jomblo

Hari Jomblo ini jatuh bertepatan tepat pada hari setelah gajian, maka hal seperti ini dipergunakan oleh para pengusaha toko untuk memberi diskon gila-gilaan bagi mereka yang masih berstatus jomblo. Tahun lalu tepatnya, diperkirakan total uang yang dihabiskan oleh para jomblo ini mencapai $4 milliar atau sekitar Rp 40 trilliun.

  • Dirayakan Pada Pesta Sesama Jomblo

Para jomblo di China tidak akan menjadiakan hari jomblo sebagai hari yang menyedihkan. Mereka merayakan hari tersebut dengan berbelanja dan pesta sesama jomblo. Pesta ini biasanya dilakukan dengan sesama teman-teman mereka yang masih jomblo juga. Biasanya beberapa jomblo akan mendapatkan pasangannya saat setelah berkenalan dengan jomblo lainnya di pesta tersebut.

 

BACA JUGA: 3 Alasan Memilih Jomblo Tidak Menjamin Hidup Lebih Bahagia