Penyebab Rambut Mudah Berminyak Meski Sudah Keramas

Penyebab Rambut Mudah Berminyak Meski Sudah Keramas

15ons – Siapa sih yang nggak sebel kalau rambut masih sering berminyak meskipun sudah sering keramas? Tidak hanya menimbulkan rasa kurang nyaman, rambut berminyak juga dapat membuat penampilan jadi tidak menarik karena terlihat lepek.

Parahnya lagi, masalah ini juga dapat menjadi penyebab munculnya ketombe dan munculnya jerawat di wajah. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa kok mengandalkan produk hair care. Akan tetapi sebelum mencari produk perawatan yang tepat, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebab rambut mudah berminyak yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Penyebab Rambut Mudah Berminyak Meski Sudah Keramas

Penyebab Rambut Mudah Berminyak Meski Sudah Keramas

  • Kekurangan Vitamin B

Vitamin B berfungsi untuk melancarkan produksi minyak, menjaga kelembapan dan juga kesehatan rambut. Oleh karenanya, kekurangan vitamin B bisa berakibat menumpuknya produksi minyak pada kulit, termasuk kulit kepala. Untuk menghindari masalah ini, pastikan kalian mengonsumsi vitamin B dalam jumlah yang cukup. Nah, dari sekian banyak jenis vitamin B yang ada, cobalah untuk mengonsumsi vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B6 (pyridoxine) yang dapat membantu melawan rambut berminyak dengan mengontrol produksi sebum.

  • Kandungan Sampoo Terlalu Keras

Sebagian orang mungkin akan merasa kurang puas saat sampoo yang digunakan tidak menghasilkan busa yang melimpah. Padahal, menggunakan sampoo dengan kandungan SLS yang tinggi dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Kulit kepala yang kehilangan kelembapan alaminya inilah yang dapat membuat produksi sebum pada kulit kepala meningkat. Sehingga mengakibatkan rambut jadi mudah berminyak. Alih-alih menggunakan sampoo ber-SLS dengan busa melimpah. Cobalah untuk beralih ke sampoo yang terbuat dari bahan-bahan natural, salah satunya adalah Natural On Tea Tree Cool Shampoo dari Daeng Gi Meo Ri.

  • Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Kondisioner mempunyai fungsi untuk melembapkan rambut. Akan tetapi, jika kamu memakainya dalam jumlah berlebihan dan cara yang kurang tepat. Jangan heran jika produk ini hanya akan membuat rambutmu berminyak dan terlihat lepek. Mengaplikasikan kondisioner pada bagian kulit kepala ataupun akar rambut bukanlah cara yang tepat. Sebenarnya, akar rambut secara alami sudah lembap, sehingga jika kalian menggunakan kondisioner di bagian tersebut, hasilnya malah hanya akan membuat rambutmu kehilangan volumenya dan mudah berminyak. Maka dari itu, aplikasikan kondisioner secukupnya pada bagian tengah sampai ujung rambut saja.

Baca Juga: 5 Fungsi Cotton Bud Untuk Kecantikan yang Perlu Dicoba

  • Terlalu Sering Keramas

Masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa dengan sering keramas dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi bersih. Akan tetapi, nyatanya anggapan tersebut tidaklah benar 100%. Terlalu sering mencuci rambut hanya akan menyebabkan rambut menjadi cepat kering. Dalam kondisi kering, akar rambut pun akan mengeluarkan minyak alami yang menjadikan bagian batang sampai ujungnya akan terlihat lepek.

Nah, apabila rambut merasa mudah kotor dan butuh dicuci dalam intensitas yang sering, pastikan kalian menggunakan moisturizing shampoo dan produk hair care yang bisa menjaga kelembapan alami rambut ya. Misalnya saja Everline Becare Daily Shampoo yang dikhususkan untuk penggunaan sehari-hari dan cocok untuk semua jenis rambut.

  • Udara Lembap dan Panas

Siapa juga yang menyangka bahwa udara di Indonesia yang cenderung panas dan lembap bisa menjadi salah satu penyebab rambut mudah lepek dan berminyak? Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal ini adalah melindungi kepala dari panas sinar matahari secara langsung. Pssst, selalu sediakan Colab Dry Shampoo yang juga bisa menjadi salah satu solusi tercepat mengatasi permasalahan ini ya guys!